Bagi kamu yang ingin kuliah pascasarjana di UI, baik itu Magister (S2), Profesi, Spesialis, dan Doktor (S3), terlebih dahulu kamu harus melewati seleksi bernama SIMAK UI. Sebelum mendaftar, kamu harus tau tips dan trik jitu untuk menghadapi ujian.

Untuk syarat pendaftaran dan jadwal penerimaan kamu bisa melihatnya secara lengkap di www.penerimaan.ui.ac.id supaya segala berkas yang diperlukan bisa dipersiapkan sejak dini.

Sedangkan materi soal SIMAK UI pascasarjana terdiri dari Tes Pengukuran Kemampuan Akademik atau biasa dikenal dengan TPA dan Bahasa Inggris. Beberapa program studi juga menyertakan seleksi wawancara.

Agar bisa lulus seleksi tertulis dengan nilai yang meyakinkan, kamu perlu tahu bahwa soal SIMAK UI pascasarjana itu jauh lebih sulit ketimbang soal-soal pada umumnya, khususnya TPA.

Tingkat kesulitannya jauh lebih tinggi ketimbang TPA untuk rekruitmen karyawan dan CPNS. Maklum, UI adalah salah satu universitas paling top di Indonesia, jadi seleksinya sangat ketat. Hanya yang memiliki kemampuan akademik di atas rata-rata yang mampu menembus perguruan tinggi ini.

Modul TPA yang bisa kamu beli di toko buku tak akan membantu, karena soal-soalnya berbeda jauh. Kamu hanya akan buang-buang uang dan energi jika mengandalkan buku-buku semacam itu. Pun soal TPA yang bisa kalian unduh dari internet tak tak akan banyak berguna. Coba saja kamu tanya teman atau kerabat kalian yang pernah ikut SIMAK UI pascasarjana.

Cara terbaik menyiapkan diri menghadapi seleksi tertulisnya adalah dengan mengikuti bimbel pascasarjana UI di Persiapan Masuk UI (PMUI), yang merupakan salah satu bimbel terbaik dan berpengalaman dalam mengantarkan pesertanya menjadi mahasiswa UI.

Ikut bimbel sangat penting, sebab kalian akan dilatih terus menerus mengerjakan soal-soal yang kemungkinan besar muncul dalam SIMAK UI. Semakin sering kamu berlatih, maka semakin besar peluangmu lulus seleksi. Selain itu, kalian juga akan mendapatkan pembahasan dan penjelasan dengan bahasa yang mudah dimengerti dari para pengajar.

Jadi saat menemukan soal yang sulit, kalian memiliki teman yang dapat diandalkan.

PMUI bisa memprediksi soal-soal yang mungkin muncul pada SIMAK UI, karena telah bertahun-tahun menyelenggarakan bimbel, sehingga memiliki bayangan mengenai jenis-jenis soal TPA yang akan diujikan. Tim pengajarnya juga jebolan UI, jadi tahu betul mengenai ujian subtest TPA.

Kalau pun saat ujian berlangung soal yang akhirnya muncul tidak persis sama, kamu tak perlu khawatir, karena para pengajar di bimbel pascasarjana UI akan memberikan kalian tips, trik, dan metode menjawab soal dengan cepat dan jitu sehingga waktunya tidak terbuang percuma. Jadi kamu sudah memiliki modal menghadapi ujian.

Total durasi subtest TPA adalah dua jam yang terbagi dalam tiga sesi, yakni kemampuan verbal (30 menit), kemampuan kuantitatif (50 menit), dan kemampuan logika (40 menit). Sementara waktu pengerjaan tes Bahasa Inggris dialokasikan selama 1.5 jam.

Kamu tak perlu mengerjakan semua soal TPA karena jika salah akan mendapat minus 1, sedangkan benar mendapat empat poin. Tidak menjawab tidak akan terlalu berpengaruh karena nilainya nol. Mulailah dari soal-soal yang paling kamu kuasai dan mengerti. Jangan berpaku mengerjakan soal-soal yang lebih rumit, karena waktunya akan habis percuma.

Jika, setelah mengerjakan soal yang relatif mudah, waktunya masih tersisa baru kamu bisa kembali ke soal-soal yang menyulitkan. Setelah durasi per sesinya berakhir, kalian tidak boleh lagi kembali mengerjakan soal pada sesi sebelumnya.

Jika sudah waktunya mengerjakan soal kemampuan logika, penjaga tidak akan mengizinkan kalian mengerjakan soal kemampuan kuantitatif. Manajemen waktu dan ritme mengerjakan, karenanya, menjadi sangat penting.

Subtest Bahasa Inggris mungkin tampak mudah, khususnya buat kamu yang sudah terbiasa mengikuti ujian TOEFL dan fasih Bahasa Inggris aktif. Namun, jangan terbuai dengan ilusi semacam itu. Subtest Bahasa Inggris SIMAK UI memiliki kesulitannya sendiri, yakni pada sesi vocabulary & reading comprehension.

Yang membuatnya sulit, atau lebih tepatnya menjebak, karena kamu akan diminta membaca potongan teks cukup panjang dan membahas mengenai topik-topik dari bidang ilmu tertentu. Kalau kamu tak tahu trik menjawabnya, kamu akan menghabiskan banyak waktu hanya dengan membaca teks, apalagi jika kamu asing dengan istilah dari bidang ilmu yang bukan merupakan keahlianmu.

Soal yang dapat kamu jawab akan sedikit, nilaimu pun jadi akan lebih kecil dari para kompetitor. Peluang lolos jadi semakin kecil.

Bila kamu mengikuti bimbel pascasarjana UI PMUI, para pengajar akan memberitahumu cara menjawab soal-soal semacam itu dengan cepat dan tepat. Sehingga tak hanya akan menguasai soal TPA, subtest Bahasa Inggrisnya pun kamu sudah siap.

Nantinya kamu akan belajar secara intensif selama empat atau lima pekan sebelum SIMAK UI berlangsung di bawah bimbingan pengajar yang profesional.

Soal SIMAK UI pascasarjana yang susah dan seringkali menjebak akan bisa kamu kerjakan dengan baik bila ikut bimbel pascasarjana UI PMUI. Jadi tunggu apalagi, segera hubungi tim PMUI di nomor berikut: 0812-8596-5222..